Hello Happy World
Lets Share Together - Our Smile Help Them

Sabtu, 08 September 2012

(#1) Bakti Sosial Ke Panti Asuhan Nurul Yakin

LATAR BELAKANG
     Kondisi sosial ekonomi yang semakin sulit akhir-akhir ini, mengakibatkan banyak anak-anak bangsa yang ditelantarkan ataupun dititipkan. Realita ini menimpa mereka yang berada dibawah garis kemiskinan. Beban hidup yang harus ditanggung, membuat orang tua menitipkan buah hatinya ke panti asuhan. Adapun tujuan mereka menitipkan anak-anaknya adalah demi keberlangsungan hidup yang layak bagi anak-anak mereka. Selain realita tersebut, penyebab terlantarnya anak-anak bangsa ini adalah ketiadaan orang tua. Sehingga anak-anak ini harus hidup bersama dengan anak-anak lainnya di panti asuhan. Lembaga sosial seperti panti asuhan tentu sangat berjasa bagi mereka, panti asuhan tempat mereka berteduh, makan, belajar dan kegiatan lainnya.
     Panti asuhan anak memang lembaga sosial yang bergerak untuk membantu anak-anak terlantar atau pun yang dititipkan. Akan tetapi dalam merawat anak-anak terlantar atau yang dititipkan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun setiap panti asuhan yang terdaftar di Kementerian Sosial Republik Indonesia selalu mendapat bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah, tapi bantuan tersebut dirasa belum mencukupi perawatan anak-anak tersebut. Biaya yang dikeluarkan meliputi biaya aktifitas sekolah, makan dan minum, pakaian, perawatan gedung panti asuhan, biaya kesehatan, dan biaya-biaya tak terduga lainnnya. Oleh karena itu, kepala panti harus memutar otaknya untuk memenuhi kebutuhan setiap anak-anak asuhannya.
     Keberadaan Lumaku Foundation salah satunya adalah untuk memperingan dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan. Kami menyadari kebutuhan anak-anak panti asuhan ini, sehingga kami berniat untuk membantu pengelola panti asuhan sesuai dengan kemampuan kami. Sehingga terbentuklah kegiatan Bakti Sosial dengan tema “Let’s Share Together”. Panti asuhan yang kami tuju adalah panti asuhan Nurul Yakin yang berada didaerah ciampea dramaga, Bogor. Kegiatan Bakti Sosial ini juga merupakan kegiatan pertama Lumaku Foundation, semenjak kami berdiri dalam wadah lembaga sosial kemasyarakatan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan yang tepat dan konkrit sebagai pengabdian kami Lumaku Foundation kepada masyarakat, khususnya anak-anak panti asuhan Nurul Yakin.
Gambar 1. Foto Bersama Pengurus dan Adik-adik Panti Asuhan

NAMA KEGIATAN
    Bakti Sosial Desember 2011

TEMA KEGIATAN
Let’s Share Together

TUJUAN KEGIATAN
  • Membantu pihak pengelola panti asuhan dengan pemberian sembako kepada pengelola panti asuhan.
  • Berbagi kebahagian dengan anak-anak panti asuhan dengan permainan-permainan.

BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini berupa pemberian sembako, pemberian buku dan alat tulis, pemberian pakaian layak pakai dan permainan yang dilakukan oleh anak-anak panti asuhan.

SASARAN KEGIATAN
Anak-anak panti asuhan Nurul Yakin didaerah ciampea dramaga, bogor.

TARGET KEGIATAN
    Memberikan motivasi kepada anak-anak panti asuhan agar tetap semangat dalam menjalankan hidup dan melanjutkan pendidikan.

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Nurul Yakin, Ciampea, Dramaga, Bogor pada hari Minggu, 18 Desember 2011, Pukul 10.00 - 17.30 WIB.

PESERTA KEGIATAN
    Anggota Lumaku Foundation dan anak-anak Panti Asuhan


Dokumentasi

Senym Bahagia Mereka :)

:
Saat Perlombaan Berhadiah




Saat kegiatan Cerdas Cermat Berlangsung































Pemberian Materi
:)









0 komentar:

Posting Komentar