Hello Happy World
Lets Share Together - Our Smile Help Them

Jumat, 07 September 2012

Naskah Lumaku Foundation



Latar Belakang
Lumaku Foundation merupakan lembaga non-profit yang berfokus pada kegiatan sosial dibidang pendidikan, sosial dan budaya. Komunitas ini terbentuk berdasarkan kesepahaman bersama tentang kondisi pendidikan, sosial dan budaya yang ada. Kondisi ini kemudian menjadi dasar untuk membentuk suatu gerakan sosial, dimana gerakan yang didasari oleh rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama demi kepentingan masa depan bangsa.

“Hidup kami juga untuk melihat dan membuat kamu tersenyum, jangan bersedih karena kamu tidak akan pernah sendirian.” Perasaan ini yang kemudian kami bawa menjadi sebuah gerakan nyata. Pendidikan yang seharusnya beriringan dengan perkembangan dan kemajuan zaman, kebutuhan sosial yang menjadi dasar dalam kehidupan individu, keluarga dan masyarakat, dan pelestarian nilai-nilai budaya dan kebudayaan yang ada pada masyarakat. Semua hal tersebut menitik beratkan kami dalam melakukan gerakan sosial ini.

Pendidikan merupakan hal yang mendasar dalam membangun karakter dari seseorang, dimana seseorang yang terdidik lebih memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya. Pontesi tersebut yang kami harapkan ada pada setiap masyarakat. Sehingga dengan meningkatnya kondisi masyarakat terdidik, juga akan menciptakan generasi penerus bangsa yang tidak buta pendidikan.

Kebutuhan sosial merupakan hal pasti ada pada setiap individu dan belum tentu setiap individu dapat memenuhi kebutuhannya secara individual. Keterbatasan yang dimiliki menjadikan manusia menjadi makhluk sosial, dimana perlu adanya interaksi antar individu, kelompok atau masyarakat. Oleh karena itu, kami berkeinginan untuk berbagi dan berinteraksi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan kebutuhan, secara tepat sasaran dan kemampuan kami.

Kebudayaan merupakan hal yang mencerminkan karakteristik suatu bangsa, dimana kita dituntut untuk mengenal kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa kita. Pelestarian kebudayaan juga sudah menjadi hal yang harus dilakukan oleh suatu bangsa. Perkembangan zaman yang begitu pesat, dapat membuat terjadinya degrasi kebudayaan yang dimiliki oleh suatu bangsa. Oleh sebab itu, kami menyadari perlunya ada suatu tindakan untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat.

Oleh karena itu, penting adanya pendidikan yang baik, pemenuhan kebutuhan sosial dan pelestarian kebudayaan. Walaupun kondisi yang terjadi dilapangan kemungkinan akan berbeda dengan kondisi yang ada dalam pemikiran ataupun teori. Namun dengan semangat dan pertimbangan diatas, maka Lumaku Foundation sebagai suatu organisasi non-profit berdiri untuk membantu dan membangun kebersamaan didalam masyarakat. “Hidup kami juga untuk melihat dan membuat kamu tersenyum, jangan bersedih karena kamu tidak akan pernah sendirian

Tujuan
Kegiatan Lumaku Foundation dilakukan secara sukarela demi kepentingan bersama, tanpa ada kepentingan lain dari anggota. Gerakan sosial yang kami lakukan memiliki tujuan untuk membantu sesama dengan cakupan yang universal, dalam bidang pendidikan, sosial dan budaya. Sehingga dapat meringankan beban pada individu atau kelompok dalam masyarakat. “Berbagi kasih dengan sesama“ saling peduli, memahami serta merasakan bahwa mereka tidak hidup sendiri, walaupun ada diantara mereka yang hidup mereka tidak memiliki keluarga, sanak-saudara serta teman yang dapat menghibur dan memperhatikan mereka.      


VISI DAN MISI FOUNDATION
Visi
Membangun karakter masyarakat melalui kegiatan pendidikan, sosial dan budaya, dan menjadi komunitas sosial yang mampu memberikan solusi secara totalitas, serta membina dan memberdayakan masyarakat demi kemajuan generasi penerus yang unggul. Sebagai organisasi sosial mandiri yang kami juga berperan aktif terhadap kepedulian perbaikan kesempatan bagi masyarakat kurang mampu dalam menikmati pelayanan kesehatan dan pendidikan yang optimal, ikut berperan serta dalam mewujudkan tatanan sosial masyarakat kurang mampu agar lebih dapat berdaya guna, hidup bersih, sehat, tentram dan sejahtera.

Misi
-  Menjadikan setiap kegiatan bernilai ibadah.
-  Memberikan kesempatan yang sama pada individu atau masyarakat untuk menggali, mengenali dan
   mengembangkan kemampuannya.
-  Menyalurkan bantuan kemanusiaan secara tepat sasaran.
-  Menjaga nilai-nilai budaya yang ada.
-  Memberikan mutu pelayanan yang maksimal.


PROGRAM KERJA FOUNDATION
Lumaku Foundation memiliki langkah-langkah strategis untuk menjalankan program kerja pada foundation ini. Cakupan kerja Lumaku Foundation akan lebih memprioritaskan diri pada bidang pendidikan, sosial dan budaya. Sesuai dengan tujuan berdirinya, maka Lumaku Fondation memiliki program kerja sebagai berikut :

1. Menerbitkan artikel atau tulisan bertema pendidikan, sosial dan budaya melalui media online atau
    jejaring sosial.
2. Bakti sosial kepada masyarakat atau panti asuhan yang membutuhkan. (Santunan selalu dalam bentuk
    barang-barang yang berguna dan berdasarkan observasi cermat dari tim).
3. Turut ikut serta dalam kegiatan yang berupa perbaikkan fasilitas sekolah atau panti, dan menambah
    perlengkapan belajar (pendataan dilakukan secara detail dan berkala).
4. Turut ikut serta dalam kegiatan pengajaran kepada masyarakat atau panti asuhan mengenai pengetahuan
    dasar pendidikan (seperti pendidikan dasar kesehatan dan kebersihan, tentunya bertepatan dengan
    kebutuhan pendidikan yang ada di masyarakat atau panti asuhan yang dituju).

0 komentar:

Posting Komentar