Hello Happy World
Lets Share Together - Our Smile Help Them

Kamis, 20 September 2012

(#3) Kegiatan Ramadhan

LATAR BELAKANG
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, hikmah dan kebaikkan. Kedatangan bulan Ramadhan sangat dinantikan khususnya bagi Umat Muslim, yang akan melaksanakan puasa dibulan Ramadhan. Puasa Ramadhan merupakan suatu bentuk ketaqwaan Umat Muslim kepada ALLAH SWT, dimana puasa Ramadhan dilakukan hanya untuk ALLAH SWT. Bulan Ramadhan juga merupakan momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan saling berbagi antar sesama dalam bentuk apapun. Momentum ini sangat berarti, selain mempererat hubungan antar manusia tetapi juga dapat meningkatkan ketaqwaan manusia kepada ALLAH SWT.

Momentum tersebut menjadi dasar kami Lumaku Foundation untuk bergerak melakukan kegiatan Ramadhan, yaitu Buka Puasa Bersama dan Sahur On The Road. Kegiatan Buka Puasa Bersama kami lakukan bersama adik-adik panti asuhan Nurul Yakin. Panti asuhan Nurul Yakin merupakan panti asuhan tempat kegiatan pertama Lumaku Foundation yaitu Bakti Sosial. Kami memilih panti asuhan Nurul Yakin karena kami ingin tetap menjalin hubungan baik dengan panti asuhan yang pernah kami kunjungi sebelumnya. Pada kegiatan Sahur On The Road, kami melakukan pembagian makanan sahur kepada beberapa orang yang membutuhkan. Sahur On The Road kami lakukan disekitar daerah Kota Bogor, pada keesokkan paginya setelah pelaksanaan Buka Puasa Bersama.

Rangkaian kegiatan Ramadhan ini merupakan kegiatan ketiga Lumaku Foundation, semenjak kami berdiri dalam wadah lembaga sosial kemasyarakatan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan kami dimaksudkan sebagai pengabdian kami Lumaku Foundation kepada masyarakat, terutama masyarakat Kota Bogor. Oleh karena itu, harapan kami adalah apa yang telah kami bagi dapat bermanfaat dan menjadi koreksi untuk kami untuk dapat berbagi lebih. Sehingga momentum bulan Ramadhan yang masih dapat kami rasakan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi kami didalam Lumaku Foundation dan juga hubungan Lumaku Foundation dengan masyarakat sekitar.

Gambar 1. Kebersamaan di Panti Nurul Yakin

Gambar 2. Pembagian Makan Sahur

NAMA KEGIATAN
Kegiatan Ramadhan

TEMA KEGIATAN
Silaturahmi Lumaku Foundation

TUJUAN KEGIATAN
Buka Puasa Bersama
  • Menjalin hubungan silaturahmi dengan pengelola panti asuhan dan adik-adik panti asuhan.
  • Berbagi kebahagian dengan anak-anak panti asuhan.
Sahur On The Road
  • Berbagi dengan beberapa masyarakat Kota Bogor yang membutuhkan.

BENTUK KEGIATAN
Kegiatan Ramadhan merupakan rangkaian dari dua kegiatan, yaitu Buka Puasa Bersama dan Sahur On The Road. Bentuk kegiatan Buka Puasa Bersama adalah pemberian tausyiah, makanan untuk berbuka, dan sholat berjama’ah. Ada pun bentuk kegiatan Sahur On The Road adalah pembagian nasi kotak kepada beberapa masyarakat yang berada dipinggir jalan dan membutuhkan disekitar Kota Bogor.

SASARAN KEGIATAN
Buka Puasa Bersama  : Anak-anak panti asuhan Nurul Yakin didaerah Ciampea, Bogor.
Sahur On The Road    : Masyarakat Kota yang membutuhkan, seperti petugas ronda malam, pemulung, dan 
                                      pengemis.

TARGET KEGIATAN
Menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagiaan.

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan Buka Puasa Bersama dilakukan di Panti Asuhan Nurul Yakin, Ciampea, Bogor pada hari Sabtu, tanggal 04 Agustus 2012, Pukul 16:00 – 20:00 WIB, sedangkan kegiatan Sahur On The Road dilakukan dijalan raya sekitar Kota Bogor pada hari Minggu, tanggal 05 Agustus 2012, Pukul 02:00 – 05:30 WIB.

PESERTA KEGIATAN
Anggota Lumaku Foundation


Gambar 3. Our Team

0 komentar:

Posting Komentar